baju renang muslim
0812-9797-5816 sms 0812-9797-5816 0812-9797-5816

16 Cara Memilih Baju Renang Anak Laki-laki dan Perempuan

Anak-anak tentu suka bermain air, namun kesukaan bermain air tidak selalu menjadi masalah bagi orang tua, sebab orang tua bisa mengarahkan kesukaan sang anak pada hal yang lebih positif, misalnya belajar berenang.

Tahukah anda bahwa berenang merupakan olahraga yang baik untuk anak-anak? Salah satu manfaatnya ialah mampu merangsang pertumbuhan tubuh menjadi lebih baik dan melatih ektifitas kinerja paru-parunya menjadi lebih optimal. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa anak yang diajarkan berenang sejak dini memiliki keseimbangan yang lebih baik.

Seringkali kita melihat anak-anak yang belajar berenang menggunakan pakaian bermain sehari-hari. Menggunakan kaos dan celana pendek tentu sah-sah saja, namun hal ini seharusnya menjadi perhatian penting bagi orang tua, sebab bahan pakaian sehari-hari mudah menyerap air. Pakaian yang menyerap air juga terkadang mengembang, tentu saja terasa berat dan menyulitkan si anak dalam melakukan gerakan-gerakan renang.

Berikut ini beberapa tips memilih baju renang anak, agar anak Anda tetap nyaman saat belajar berenang.

1. Pilih Ukuran Baju Renang yang Sesuai Dengan Usia Anak

Olahraga renang tak terbatas oleh umur. Siapa saja bisa berenang, mulai dari bayi hingga orang tua. Beda usia sudah pasti beda ukuran baju renangnya. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan usia anak Anda. Kalau anak masih berusia tiga tahun, pilihlah baju untuk balita. Tidak mungkin memakaikan baju renang usia SD untuk anak balita anda bukan? Kecuali jika anak Anda masih TK tetapi sudah bertubuh seperti anak SD, maka baju renang anak SD adalah pilihan yang tepat untuk anak Anda.

Yang terpenting adalah ukuran baju renang sesuai dengan postur tubuhnya. Kenyamanan saat berenang juga menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Salah satu faktornya adalah baju renang yang dikenakan.

Kalau baju renang terlalu sempit, anak akan merasa sesak memakainya. Terlebihi dan ruam kulit yang bisa menjadi resiko tak terhindarkan. Resiko-resiko yang demikian bisa membuat anak trauma untuk berenang lagi. Lalu, bagaimana kalau bajunya terlalu besar? Ini tentu merepotkan, sebab membuat anak kesulitan bergerak dalam air.

Oleh karena itu, cermat memilih baju renang anak muslim saat membeli menjadi faktor utama. Tentu saja, toko baju renang yang baik memberikan keterangan ukuran yang jelas di baju renang yang dijualnya, semisal ukuran S, M, L, XL, dan sebagainya. Jika anda ragu menentukan ukuran yang tepat untuk anak anda, mintalah saran dari penjual atau pramuniaga. Beritahukan usia, tinggi badan, dan berat badan anak Anda agar penjual bisa bersegara merekomendasikan baju renang yang cocok untuk anak Anda.

2. Cari Tahu Model Baju Renang Anak

Anak laki-laki dan perempuan mempunyai model baju renang yang berbeda. Pastikan memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera. Ada berbagai model baju renang anak perempuan yang bisa dibeli.. Mulai dari model yang pendek, panjang, terusan, berbentuk rok, hingga yang menyerupai bikini. Tentu setiap model memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika tak mau ambil pusing, Anda bisa membeli baju renang model one peace, yang terdiri dari satu bagian saja (jumpsuit). Tentu lebih mudah dipakai. Selain itu, cenderung lebih aman karena menutup bagian perut. Anda juga bisa memilih baju renang yang dilengkapi dengan rok. Dengan  begitu, bagian paha akan lebih tertutupi.  Desain rok yang berimpel juga menambah kesan manis.

Anda pun bisa membeli baju two pieces untuk anak perempuan. Terdiri dari dua bagian, atas dan bawah. Kelebihan dari model ini adalah tampak lebih menarik. Namun kekurangannya, lebih sulit dipakai dan lebih banyak mengekspos bagian kulit anak. Resikonya, kulit bisa terbakar sinar matahari. Tentu agak berbahaya jika berenang dalam waktu lama tanpa melindungi kulit dengan lotion atau sunblock.

Bagaimana jika anak Anda memakai jilbab? Tidak menjadi masalah, dia tidak perlu memperlihatkan rambutnya saat berenang. Sebab di era kecanggihan teknologi informasi seperti sekarang ini, lokasi-lokasi jual baju renang anak perempuan muslimah sangat mudah ditemukan. Baju renang anak perempuan lengan panjang biasanya dilengkapi  dengan kerudung berbahan elastis yang bisa menutup rambut kepala anak dengan baik. Dengan demikian, berenang akan tetap terasa nyaman.

Pilihan baju renang untuk anak laki-laki lebih sedikit dibandingkan dengan anak perempuan. Ada dua pilihan utama.  Pilihan pertama, cukup dengan memakai celana renang. Berbagai modelpun umumnya tersedia dan dilengkapi dengan tali, resleting, hingga kantong. Namun kelemahannya, kulit anak jadi mudah terpapar sinar matahari.

Pilihan kedua adalah setelan baju renang yang terdiri dari atasan dan bawahan. Ukuran panjangnyapun bervariasi. Anda bisa memilih model baju renang lengan panjang atau pendek, ada juga yang setinggi lutut atau mata kaki. Sesuaikan dengan kebutuhan anak Anda, agar ia nyaman memakainya. Jika anak sudah nyaman, berenang tentu menyenangkan.

3. Pilih Bahan yang Bagus dan Nyaman Dipakai

Bahan yang bagus adalah baju renang berbahan ringan. Itu akan memudahkan anak untuk bergerak. Sebaliknya, jika memakai bahan yang berat dan mudah menyerap air, baju renang akan terasa kaku. Gerakan-gerakan renang akan akan menjadi terhambat.

Baju renang yang baik harus mempunyai bahan yang lembut, elastis, dan kuat. Kelembutan dibutuhkan agar tidak terjadi iritasi pada kulit anak. Sedangkan elastisitas berguna untuk mendukung gerak aktif anak. Yang tidak kalah penting, tentu saja, bahannya harus kuat agar tidak mudah rusak atau tahan lama.

Bahan baju renang yang mudah didapat adalah nylon, spandex, dan lycra. Setiap bahan memiliki harga yang relatif berbeda. Kualitas bahan lebih utama dibandingkan model baju renang, jika bahan tidak nyaman akan membuat anak tidak betah saat memakainya.

4. Pilih Baju yang Bisa Melindungi Anak dari Sinar Ultraviolet

Kolam renang sudah menjadi fasilitas bagi masyarakat umum.  Jika tinggal di perkotaan, kolam renang sangat mudah ditemukan hamper di tiap-tiap daerahnya. Ada dua jenis kolam renang, yakni indoor (luar ruangan) ataupun outdoor (dalam ruangan). Kolam renang indoor sangat baik untuk kegiatan belajar renang anak sebab arsitektur bangunannya melindungi perenang dari sinar matarhari langsung, kolam renang indoor juga lebih bersih karena tidak tercemari air hujan, debu, atau sampah dedaunan.

Akan tetapi, seringkali juga timbul kekhawatiran, bagaimana jika terpaksa harus berenang di tempat outdoor yang terbuka? Bisa menggunakan lotion atau sunblock renang yang sudah tersedia di kolam-kolam renang umum. Sebisa mungkin oleskan lotion pada kulit anak Anda sebelum memulai aktivitas renang. Pilih yang mempunyai kadar SPF tinggi karena bisa membantu melindungi kulit anak anda dari paparan sinar ultraviolet, meskipun berenang berjam-jam.

Memilih baju renang yang tepat juga menjadi bagian penting untuk melindungi kulit. Saat ini tersedia baju renang anak yang terbuat dari bahan anti sinar ultraviolet. Ada perlindungan ekstra yang bisa mengurangi dampak buruk paparan sinar matahari dari bahan ini. Dan tentu saja, harganya lebih mahal daripada bahan baju renang biasa. Bahkan sangat berguna untuk kegiatan berenang selain di kolam renang, seperti di pantai.

Kandungan air kolam renang juga mengandung klorin dan zat-zat kimia lainnya. Jika tidak hati-hati, kulit bisa terkena dampak yang tidak diinginkan. Anda bisa memilih baju renang berbahan endurance yang tahan 100% terhadap zat klorin ini. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi dengan aktivitas renang anak Anda.

5. Jika Anak Anda Masih Bayi, Gunakan Popok Anti Air

Mengajarkan bayi berenang tentu jauh lebih menantang. Sebab bayi mesti dipegangi dan dibantu bergerak agar seimbang dan tidak tenggelam. Jika Anda khawatir bayi Anda akan buang air saat berenang, Anda hanya perlu memakaikan bayi Anda popok anti air, dengan fungsi yang sama seperti popok pada umumnya, popok anti air sangat tepat digunakan untuk bayi Anda saat berenang.

Popok anti air terbuat dari bahan khusus sehingga tidak menggembung walaupun sudah terisi. Juga tidak akan merembes keluar pada saat aktivitas renang berlangsung sehingga tidak akan menganggu kegiatan renang Anda dan orang-orang di sekitar.

Jika Anda bertanya, di mana bisa membeli popok anti air? Anda bisa membelinya langsung di toko kebutuhan bayi, atau memesannya secara online. Harga yang tersedia pun beragam. Popok yang berkualitas  berharga relatif mahal. Salah satu kelebihan popok ini juga bisa dibersihkan dan dipakai berulang-ulang. Sudah jelas, membantu menghemat keuangan Anda.

Karena kulit bayi masih sangat sensitif, maka pilih bahan Popok yang lembut dan halus di kulit. Bahan popok yang kasar bisa membuat kulit bayi Anda lecet, iritasi, hingga muncul ruam. Itu bisa membuat bayi kesakitan dan menangis pada saat berenang. Pastikan membeli popok sekaligus memerhatikan  sisi kesehatan dan kenyamanan bayi Anda.

Dan yang terpenting, jangan lupa, untuk memastikan bayi Anda memakai popok anti air sebelum berenang di kolam renang umum.

6. Hindari Baju Renang yang Berdesain Tali

 

Ada beragam model baju renang anak perempuan lucu, mulai dari yang berdesain sederhana hingga yang rumit. Dilengkapi juga dengan tali, risleting, renda, dan sebagainya yang membuat baju renang terlihat lebih manis. Anak-anak tentu menyukai baju renang dengan desain yang lucu.

Terkadang produsen baju renang juga menambahkan fitur tali untuk pelengkap. Letaknya berbeda-beda. Ada yang diikat di leher supaya bajunya tidak lepas, ada juga yang disimpul di punggung. Ada juga yang berupa hiasan pita di depan dada, perut, kaki, atau bagian tubuh lainnya. Jika tidak diperhatikan, simpul tersebut bisa lepas dan menyusahkan anak. Sebab anak-anak tentu sangat aktif saat berenang. Bergerak ke sana kemari di dalam air, juga berlarian di pinggir kolam. Gerakan-gerakan tersebut bisa membuat simpul tali di baju renangnya lepas. Akibatnya bisa fatal. Baju renang itu bisa melorot atau jatuh.

Untuk menghindarinya, sebaiknya pilihkan desain baju renang yang sederhana. Tak perlu dilengkapi oleh tali-tali yang rumit. Jika memang menginginkan desain baju dengan ornamen atau hiasan, sebaiknya pilihkan ornament yang tampak sederhana. Misalnya dengan satu risleting, satu kantong, atau lainnya. Pastikan ornamen ini dijahit dengan kuat sehingga tidak lepas saat digunakan, dan tidak mengganggu gerak aktif anak Anda saat berenang.

Lalu, bagaimana dengan anak laki-laki? Baju renang untuk anak laki-laki juga tersedia dengan model celana renang yang dilengkapi tali di bagian pusar. Berfungsi seperti gesper untuk mengencangkan celana. Cukup ditarik sedikit sampai pas dengan pinggang, kemudian tali disimpul. Namun, tidak menutup kemungkinan simpul tersebut juga bisa lepas sehingga celananya melorot. Apalagi anak laki-laki yang biasanya jauh lebih aktif ketika bergerak.

Untuk mengurangi resiko tersebut, pastikan Anda mengikatkan tali celananya dengan baik sehingga tidak longgar atau melorot. Atau sebaiknya, pilihkan celana renang yang tidak dilengkapi tali. Model ini biasanya tidak dilengkapi tali, melainkan menggunakan karet di pinggang celana. Memakainya pun jauh lebih praktis. Dan jangan lupa untuk tetap memperhatikan ukuran celana agar tetap aman, tidak kendor atau kebesaran.

7. Pilih Motif yang Disukai Anak

Boleh jadi, Anda pernah punya pengalaman pahit membeli baju renang untuk anak Anda. Susah payah memilihkan baju renang, akan tetapi ketika diberikan anak Anda malah tidak mau memakainya. Barangkali bukan karena ukurannya yang terlalu sempit atau besar, atau bahannya tidak lembut, melainkan karena si anak tidak suka dengan motifnya.

Anda tentu tahu betul kesukaan anak Anda. Maka saat membelikan baju renang, sesuaikan dengan selera anak Anda. Apa tokoh kartun favoritnya? Apakah Spongebob, Doraemon, Pokemon atau desain lain yang menarik baginya.

Biasanya kesukaan anak terhadap tokoh kartun bervariasi, maka tidak ada salahnya membelikan anak Anda baju renang bermotif lebih dari satu. Manfaatnya sebagai baju cadangan, atau sebagai pilihan jika anak Anda bosan dengan motif yang itu-itu saja.

8. Pilih Baju Renang yang Berwarna Cerah

Jika Anda mengajak anak berenang di pantai atau kolam renang umum, tentu Anda akan menjumpai banyak anak kecil di sana. Seringkali tidak mudah untuk mengawasi anak Anda, terlebih lagi ketika warna baju renang renang anak Anda berwarna gelap. Untuk menyiasati kekhawatiran ini, pilihlah baju renang anak yang warnanya kontras atau mencolok.

Misalnya, Anda bisa memilih warna kuning atau merah terang. Tentu saja warna ini akan mudah dikenali walau dari tempat jauh di mana Anda duduk mengawasi anak Anda. Matapun akan dengan mudah merespon warna-warna yang kontras. Dan sebaiknya, usahakan tidak memilih warna hitam atau biru tua. Sebab, warna itu terlalu umum. Dan tentu saja menjadi sulit membedakan anak Anda dengan anak-anak lain, karena warna yang mirip.

Pemilihan warna baju renang juga menjadi faktor yang mempengaruhi keselamatan anak. Jika berenang sambil memakai baju renang hijau atau biru, tentu anak Anda lebih sulit dilihat. Sebab warna bajunya menyatu dengan air. Kalau sang anak tenggelam atau berenang terlalu jauh, Anda akan sulit mengawasinya. Lebih baik gunakan warna kontras lainnya seperti oranye.

Selain itu, pastikan warna baju renang sesuai dengan selera anak. Hindari membeli baju renang anak laki-laki dengan warna yang umum digunakan anak perempuan. Atau sebaiknya, sebelum membelikan baju renang, ketahui atau tanyakan dulu warna yang disukai anak. Sehingga baju yang sudah dibeli tetap bisa digunakan.

9. Ajak Anak Anda Saat Membeli Baju Renang di Toko

Saat membeli baju renang anak, sebaiknya ajak anak Anda. Hal ini termasuk penting, sebab menghindarkan Anda dari salah beli. Sebab, sebagus apapun baju renang menurut Anda, akan tidak bermanfaat jika anak enggan memakainya. Luangkan waktu di akhir pecan atau di hari libur untuk ke toko baju renang.

Jika Anda tidak punya waktu di akhir pekan, manfaatkan saja momen pulang sekolah anak. Ini juga akan menjadi kesempatan yang bagus untuk refreshing sejenak bagi si anak setelah belajar seharian.

Jika tak ingin kecewa, pergilah ke toko baju renang dengan koleksi yang lengkap, sehingga si anak lebih leluasa memilih yang benar-benar ia sukai.

Sebagai orang tua yang bijak, Anda bisa memberi saran supaya ia tidak bingung. Tentu saja, hindari memaksa anak untuk memilih baju renang, biarkan ia memilih sesuai seleranya.

10. Coba Sebelum Membeli

Jika Anda membeli langsung di toko, manfaatkanlah kesempatan itu semaksimal mungkin. Minta anak Anda untuk mencoba baju renang sebelum membelinya di ruang ganti dengan membawa beberapa baju renang sehingga tidak perlu bolak-balik.

Sebaiknya, ketika mengajak anak Anda ke toko untuk mencoba baju renang di sana, pastikan anak Anda memakai busana yang tidak merepotkan saat mencoba baju renang.

11. Tidak Punya Waktu ke Toko? Manfaatkan Online Shop!

Di zaman yang serba praktis ini, kecanggihan teknologi informasi sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Kehadiran internet membuat manusia menciptakan Online Shop (toko yang bisa diakses melalui jaringan internet) yang tentu saja menghemat waktu dan tenaga Anda dibandingkan jika harus datang langsung ke toko.

Website seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada atau Shopee juga sudah membantu mempermudah orang-orang yang ingin membeli barang-barang kebutuhannya, tidak terkecuali baju renang anak.

Alternatif lain yang bisa dipilih adalah mencari lewat media sosial, seperti facebook atau instagram. Gunakan saja hashtag atau kata kunci yang tepat dalam kolom pencarian. Secepat kilat, Anda akan menemukan katalog baju renang dengan foto-foto dari berbagai model. Untuk menjadi perhatian penting, pilihlah toko yang reputasinya sudah terjamin dan terpercaya. Lihat saja testimoni atau penilaian para pengunjung yang pernah membeli barang di sana.

Tidak kalah penting, secara umum, harga baju renang belum termasuk ongkos kirim. Jumlah ongkosnya pun bervariasi, tergantung lokasi toko baju renang tersebut. Jika anda ingin menghemat keuangan, sebaiknya pilih toko yang berada di kota yang sama. Atau setidaknya, berada di pulau yang sama. Sehingga ongkos kirim tidak memberatkan Anda dan barangpun sampai lebih cepat.

Jika Anda sudah menemukan online shop terpercaya, Anda juga harus cermat memilih, terutama soal ukuran baju renang, usahakan ukuran baju renang anak Anda sama dengan ukuran pakaian yang biasa anak Anda kenakan sehari-hari. Agar ketika barang sampai, Anda tidak perlu kecewa.

Jangan pernah lupa bertanya pada penjual terkait ketersediaan stok sebelum membeli, jika Anda bingung dengan variasi produk, mintalah saran darinya.

12. Manfaatkan Promo dan Diskon

Ingin membeli baju renang lebih murah? Manfaatkan saja promo dan diskon yang tersedia, di toko atau online shop. Dengan demikian, Anda bisa menghemat uang. Toko baju renang yang baru dirilis biasanya  menawarkan diskon khusus hingga tanggal tertentu. Atau memberi diskon pada sejumlah pembeli pertama. Ini kesempatan yang baik bagi Anda.

Tidak jarang, promo dan diskon juga sering ditawarkan pada momen spesial. Misalnya saja saat tahun baru, hari raya, atau hari besar lainnya. Diskonnya pun beragam. Ada yang beli satu gratis satu, ada pula potongan sampai setengah harga, dan sebagainya. Untuk online shop, biasanya mereka menggratiskan ongkos kirim sehingga Anda cukup membayar harga produknya.

Tokopedia, Bukalapak, Lazada, atau shopee biasanya memiliki kupon potongan harga atau gratis ongkos kirim sebagai promo mereka di periode tertentu.

Momen saat liburan sekolah juga tidak kalah penting. Berbagai toko baju renang juga menawarkan diskon menarik. Mulai dari buku, mainan, hingga perlengkapan olahraga anak.

Meskipun promo besar-besaran diberikan penjual. Anda tetap harus lebih jeli dan selektif dalam memilih produk. Sebab, terkadang ada saja produk yang diobral karena tidak laku. Entah karena bahannya jelek, mudah rusak, atau motifnya kurang menarik. Lebih baik tidak membelinya kalau Anda merasa kurang yakin. Jangan mudah tergiur oleh promo dan tetap cermat membeli produk.

13. Sesuaikan Harga dengan Budget Anda

Pastikan anggaran Anda jelas sebelum membeli baju renang. Tidak perlu memaksakan diri untuk membeli baju renang dengan harga yang jauh lebih mahal dari anggaran yang Anda miliki.

Harga baju renang anak laki dan perempuan berbanding lurus dengan kualitasnya. Jika ingin memperoleh kualitas yang tinggi, tentu saja dana yang dikeluarkan pun lebih banyak. Tetapi jika Anda menginginkan baju renang yang biasa saja, Anda bisa menyiapkan dana yang lebih sedikit. Pahamilah hal ini agar tidak kecewa. Jangan sampai Anda mengalami hal yang tidak mengenakan, seperti sudah membuang waktu dan tenaga untuk berbelanja ke toko tetapi tidak jadi beli karena barang-barang di sana terlalu mahal.

 

Jika Anda lebih senang berbelanja ke toko, ada baiknya  melakukan survey terlebih dahulu di internet. Sebagai referensi harga dan kualitas barang yang akan Anda dapatkan jika membeli langsung di toko. Riset kecil ini akan membantu Anda untuk menyiapkan dana yang sesuai. Sehingga Anda tidak perlu panik saat membeli.

Bicara soal anggaran, Anda bisa memanfaatkan momen ini sebagai proses belajar menabung bagi si anak. Semisal dari menyisihkan uang sakunya. Dengan begitu, ketika momen membeli baju renang itu tiba, anak Anda akan lebih puas karena membeli dengan uang yang ia kumpulkan dan kesabarannya sendiri.

14. Lengkapi Baju Renang dengan Alata Renang yang Menarik

Agar anak Anda lebih senang dan bersemangat ketika belajar berenang. Anda bisa memberinya perlengkapan renang lainnya. Sebetulnya barang-barang ini bukan keharusan untuk dimiliki. Akan tetapi benda-benda ini dapat membantunya sebagai pemula yang belajar berenang.

Diantaranya adalah ban renang, berguna untuk membantunya mengapung di air. Ada juga kacamata renang, agar si anak bisa melihat dengan jelas di dalam air. Kacamata juga berguna sebagai pelindung sehingga mata anak Anda tidak merah, perih, bengkak, atau iritasi karena dampak bersentuhan langsung dengan air kolam renang yang mengandung zat kimia.

Perlengkapan lainnya adalah sepatu katak. Sepatu katak berbentuk tipis dan melebar seperti halnya kaki katak. Alat ini membantu anak Anda belajar berenang gaya bebas.

Selain sepatu katak, tersedia juga alat yang biasa disebut hand paddle, sesuai namanya, alat ini dipakai di tangan untuk melakukan gerakan dalam air. Adanya beban pada saat melakukan gerakan dapat melatih memperkuat tangan anak Anda.

Ingin mengajari gaya renang kupu-kupu? Gaya ini memang sedikit sulit, tetapi alat bernama pull boy bisa membantu anak Anda mempelajarinya. Tanpa menggunakan alat, biasanya kaki akan sering tenggelam. Dengan menggunakan pull boy yang dijepitkan di kedua paha, kaki ini lebih mudah terangkat ke permukaan.

Bagaimana dengan gaya renang katak? Agar anak Anda lebih mudah menguasainya, ia bisa menggunakan papan pelampung. Mirip halnya dengan ban renang sebagai pelampung, namun papan ini lebih difungsikan agar tubuh dapat meluncur.

Saat berenang, terutama jika anak Anda berambut panjang, seringkali rambut mereka akan tergerai dan menghalangi pandangan. Maka anak Anda butuh penutup kepala. Selain berfungsi untuk merapikan rambut, penutup kepala juga dapat melindungi rambut dari zat-zat kimia yang terkandung dalam air kolam renang.

Alat-alat bantu renang tersebut dapat dibeli di toko-toko jual baju renang anak. Dan jangan lupa untuk mengajarkan anak Anda untuk menggunakan dan merawatnya dengan baik.

15. Manfaatkan Antusiasme Anak untuk Belajar

Setelah membeli baru renang di toko, Anda bisa langsung mengajak anak Anda ke kolam renang terdekat untuk mengajarkannya renang.

Di momen ini, anda bisa menjadi pelatih baginya. Mengajarkannya berenang sekaligus memantaunya dari dekat. Secara perlahan, Anda bisa memandunya mulai dari belajar pemanasan, lalu dilanjutkan dengan berenang mengambang, menggerakkan tangan, menggerakan kaki, membenamkan kepala sejenak di dalam air, hingga melatihnya mengambil napas sebelum menyelam. Hal ini dilakukan agar anak Anda terbiasa dengan air dan tidak merasa takut.

Jika anak Anda sudah mahir berenang, berikan ia kebebasan untuk mengeksplorasi kolam renang sendiri, namun tetap awasi dari jauh. Pastikan anak Anda tetap Aman. Jangan lupa mengingatkannya untuk istirahat sejenak.

Jangan lupa untuk memeriksa baju renangnya agar ia tetap nyaman saat belajar. Periksa tali atau risletingnya bajunya tetap pada tempatnya. Dan ajarkan anak Anda untuk memeriksa dan merapikan baju renangnya sendiri.

16. Ajarkan Anak untuk Merawat Baju Renangnya

Agar baju renang kesayangannya tetap awet, jangan lupa mengajarkan anak Anda untuk merawatnya dengan baik.

Mulai dari belajar membilas baju renang dengan air bersih setelah digunakan, menjemur baju renangnya, hingga menyimpannya di tempat yang benar.

Merawat baju renang tidak seperti merawat baju biasa yang mesti disetrika sebab baju renang memiliki jenis bahan tersendiri.

Pastikan mencuci baju renang dengan cara konvensional. Penggunaan mesin cuci seringkali membuat baju renang rusak. Hindari mengucek dan meremas terlalu keras agar baju renang terhindar dari melar dan sobek.

Setelah mencuci, ada baiknya baju renang tidak dijemur di bawah sinar matahari langsung, sebab hal ini mampu membuat warna baju renang cepat pudar atau luntur. Jemur baju renang di luar mudah namun di tempat yang teduh, agar baju tetap bisa kering tanpa merusaknya.

Jangan menyetrika baju renang, sebab baju renang akan mudah mengkerut dan berlubang jika terkena panas berlebihan. Tentu saja anak Anda akan sangat kecewa jika baju renang kesayangannya tidak bisa dipakai lagi. Sebaiknya, cukup lipat dan gantung baju renangnya untuk disimpan di dalam lemari.

Demikian beberapa tips cara memilih baju renang anak. Segera siapkan uang dan melakukan riset di internet untuk memperoleh baju yang berkualitas. Ajak dan belikan anak Anda baju renang yang bagus dan sesuai agar anak Anda lebih semangat berolahraga. Ajarkan anak Anda berenang sejak dini, agar ia tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

 

 

 

Artikel terkait :

Ingin Sehat Namun Tetap Syar’i? Baju Renang Muslimah Solusinya

16 Tips Membeli Baju Renang Pria yang Bagus dan Murah

Incoming search terms:

Pengiriman

November 2018
M T W T F S S
« Sep    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
0812-9797-5816
0812-9797-5816
0812-9797-5816